Bangun "Memory Palace" , Teknik Ampuh untuk Memperkuat Ingatan

Oleh : admin
26 Februari 2018
308
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Mungkin banyak orang yang mengeluh dengan daya ingat mereka yang tergolong lemah. Padahal, usia belum terlalu tua, namun sifat pelupa sudah menghinggapi.

Lantas, apakah memiliki ingatan yang kuat benar-benar suatu anugerah? Atau, adalah cara tertentu untuk bisa memperkuat memori? Sebuah riset mengungkap, terlalu banyak hal atau masalah yang dipikirkan justru membuat seseorang menjadi pelupa. Bahkan, menjadi pelupa adalah salah satu tanda bahwa kita terlalu sibuk dan butuh "piknik".

Baca: 6 Tanda Kerja Terlalu Lelah dan Butuh "Piknik" Namun ternyata, ada cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan memori. Dan, teknik tersebut dapat disebut dengan "memory palace". Teknik ini bekerja dengan konsep yang sederhana. Saat kita mencoba mengingat, --katakanlah, daftar belanja, kita perlu menggambarkan setiap item dengan jelas di tempat yang dikenal dengan baik, --contohnya, di ruang tamu di rumah. Jadi, jika kita perlu membeli telur, kita bisa membayangkan ayam betina bertelur di atas meja. Atau, jika kita kehabisan jus jeruk, kita mungkin membayangkan jus jeruk itu keluar dari dinding ruang tamu. Ini bukanlah teknik baru. Namun, banyak atlet memori di dunia yang telah membuktikannya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu, siapa pun dapat menggunakan teknik ini untuk memperbaiki ingatan mereka, dan benar-benar membentuk kembali otak mereka. Dalam riset tersebut, periset merekrut 23 atlet memori terbaik di dunia untuk memanfaatkan kemampuan mereka dalam hal memori. Sebagai informasi, juara memori Alex Mullen dapat menghafal urutan setumpuk kartu di bawah 17 detik. Periset pun membandingkan otak mereka dengan orang-orang "normal" yang tidak pernah berusaha untuk mengasah kemampuan memori.

Para peneliti menempatkan orang "normal" dalam program pelatihan memori yang berlangsung selama enam minggu untuk melihat bagaimana otak akan berubah. Para periset yang berasal dari Radboud University di Belanda ini menemukan, semakin mereka sering berlatih, maka kinerja otak pun semakin menyerupai para "juara" memori. "Ini benar-benar prestasi memori yang luar biasa ini. Bukan bakat bawaan. Ini benar-benar hanya latihan," kata Martin Dresler selaku pemimpin riset dan ilmuwan neuroscientist. Dalam riset, para peserta juga dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi teknik penguat ingatan. Mereka yang menggunakan pendekatan dengan teknik "memory palace" ternyata masih memiliki keterampilan yang lain, setelah empat bulan. Sementara yang tak memakai teknik ini, telah kembali normal.

Menurut pakar memori Tony Buzan, waktu enam minggu ini merupakan waktu yang di luar dugaan untuk usaha yang dibutuhkan dalam membuat perbaikan yang signifikan terhadap ingatan seseorang. Namun, hal tersebut benar-benar terjadi. Salah satu cara untuk membuat "memory palace", kata Tony Buzan, adalah membuatnya dengan multiwarna, hebat, menarik, surealis, menyenangkan, menggairahkan, lucu, dan fantastik. Jadi, jika suatu hari nanti kita melupakan sesuatu, kita bisa mencoba cara ini untuk mengingatnya. Sebenarnya, ada cara lain memperkuat memori dengan teknik ini. Jika kita merasa sering lupa, tentu bisa mencoba cara sederhana ini untuk memperkuat memori.   PenulisAriska Puspita Anggraini EditorGlori K. Wadrianto SumberThe Independent

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor   : Glori K. Wadrianto

http://lifestyle.kompas.com


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account