KETIKA PETERNAK LEBAH BERBICARA TENTANG KEAJAIBAN MADU

Oleh : admin
10 April 2018
134
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

KEDAWUNG - Tahukah Anda, betapa madu merupakan sumber makanan penting yang disediakan untuk manusia melalui serangga sekecil ini? Madu adalah ”Obat bagi Manusia”, berbagai fakta menunjukkan khasiat madu untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Hal inilah yang diteropong oleh Mas Nunung, peternak lebah madu sekaligus pemilik produk madu merk Marta Puspita Sari, Desa Bendungan, Kec. Kedawung Sragen.

       Meneruskan usaha sang Ayah, Pak Jaswan sejak tahun 1993, Mas Nunung telah berkeliling Pulau Jawa untuk menggembalakan 100 lebih koloni lebahnya sesuai dengan musim bunga. ” Satu koloni lebah terdiri dari 1 lebah ratu, 200-300 lebah jantan, dan 10.000 – 100.000 lebah pekerja. Kalau di musim bunga, kami biasa membawa lebah kami mulai mengikuti musim bunga yang ada dan juga mencari tempat yang sesuai untuk menempatkan koloni-koloni kami barang seminggu atau 2 minggu”, tutur Nunung. ”Pada musim bunga tersebut kami biasa juga menyebutnya dengan musim panen, karena bila tidak terkendala cuaca maka kami bisa panen berkali-kali dengan hasil yang memuaskan, namun bila cuaca tiba-tiba hujan bisa jadi bunga yang sangat banyak tadi langsung berguguran".

Dari Subang sampai Bali

       Dalam satu tahun, masa panen hanya 6 bulan, selebihnya adalah musim paceklik. Di musim paceklik lebah harus diberi makan yaitu gula pasir yang telah dilarutkan di air dengan perbandingan 1 : 1.

       Untuk awal musim bunga sekitar bulan Mei, yaitu bunga randu, koloni lebah dibawa ke Pati, kemudian untuk bunga mangga koloni dibawa ke Sragen, selanjutnya musim bunga kelengkeng dibawa ke Piyungan, bunga jambu mete dibawa ke Karangasem Bali, kemudian kembali bunga mangga di Kediri, terakhir Bunga rambutan ke Subang.

       Dari berbagai bunga tersebut akan diperoleh madu dengan warna dan rasa yang berbeda-beda, sedangkan kepekatan tergantung dari cuaca dan curah hujan pada saat itu.

       Dewasa ini, apikultur dan produk lebah telah membuka cabang penelitian baru di negara-negara yang sudah maju dalam hal ilmu pengetahuan. Manfaat madu lainnya dapat dijelaskan di bawah ini:

Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Rendah kalori: Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri disebut efek inhibisi. Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini.

Royal Jelly si obat awet muda

       Dari lebah-lebah tersebut dihasilkan 3 jenis cairan, 1) madu, yaitu cairan yang diambil dari sari bunga, 2) tepung sari (Bee pollen), cairan kental yang dibawa di kaki lebah, 3) Royal jelly atau susu lebah, cairan Secretie yang di keluarkan dari kelenjar rahang atas lebah pekerja muda.

       Royal jelly dihasilkan oleh lebah pekerja muda sebagai bahan makanan untuk calon ratu dan ratu dewasa. Rasa asli royal jelly murni hampir mirip buah mengkudu dengan warna putih, agar enak dikonsumsi royal jelly dicampur dengan madu murni, sehingga rasanya pun manis dengan tidak menghilangkan sari-sari royal jelly yang dikandungnya.

     Setelah dianalisa secara kimia, royal jelly paling kaya akan berbagai macam protein,Vitamin B-1, B-2, B-6, B-12, Vit.C, Vit.A, Vit.H, dll. Disamping itu juga mengandung Hystamin, acetylcholinum chloratum, aster, glucose, garam mineral, dan berbagai macam asam amino, antara lain : proline, glutamic acid, glycine acid, aspartic acid, butyric acid, terdapat banyak asam amino yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh manusia, tetapi tidak dapat dibentuk atau dihasilkan oleh tubuh manusia sendiri. Selain itu juga banyak mengandung Zat anti bakteri, hormon, zat radio aktif yang sangat penting bagi Physiology organic.

       Untuk khasiatnya, selain telah disebutkan di atas, Royal Jelly ternyata amat membantu memelihara daya tahan tubuh terhadap efek samping Radioterapi dan Kemoterapi yang membahayakan sistem kekebalan tubuh, membangun kembali sel-sel yang mati karena Kemoterapi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

       Bagi anda yang ingin tetap bugar dan sehat, dianjurkan minum madu dengan aturan Pagi sebelum sarapan 1 sendok makan dan malam menjelang tidur 1 sendok makan. Untuk Royal jelly tidak diajurkan untuk anak-anak dibawah 12 tahun, kecuali sedang sakit atau sesuai dengan petunjuk dokter. So, masih ragu tentang khasiat madu? (Diskominfo).


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account