SEKOLAH ASRI DAN ALAMI ALA SMP NEGERI 1 SAMBIREJO

Oleh : kominfo
17 Mei 2018
84
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SAMBIREJO - Gemericik air dari kolam ikan, menyambut kedatangan siapapun yang memasuki kawasan SMP Negeri I Sambirejo. Di dalam kolam bening berdinding kaca itu, berseliweran puluhan ikan, berenang-renang begitu dekat dengan permukaan air. Ketika pandangan menyapu ke seluruh penjuru, tumbuhan hijau, tanaman bunga, taman-taman dengan beraneka gaya tatanan siap memanjakan mata. Bebatuan dan tembok sekolahpun tak luput dari sentuhan estetika. Semuanya berwarna. Kursi-kursi terbuat dari tong bekas , terdapat di area duduk warga sekolah. Satu kata yang menggambarkan suasana lingkungan sekolah di wilayah ujung selatan Bumi Sukowati ini ; ASRI.

Bukan tanpa alasan, SMP Negeri I Sambirejo menyandang gelar Sekolah Adiwiyata Nasional 2017.  Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih dan indah. Semua kriterianya terdapat di setiap elemen lingkungan sekolah tersebut. Tak hanya terlihat di tatanan lingkungan sekolah.

“ Tahun 2019 nanti, SMP Negeri I Sambirejo akan menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri,” kata Kepala Sekolah Joko Waluyo ,S.Pd, M.Pd , yang diwakili Wakil Kepala Sekolah Ibnu Trawoco. Predikat itu menjadi motifasi untuk menjaga keindahan dan kebersihan sekolah ini.

“ Disini, kebersihan menjadi tanggung jawab setiap warga sekolah,” kata Ibnu. Bapak dua putri ini kemudian memaparkan contoh pelaksanaannya. Setiap hari Jumat jam pertama, ada kegiatan Jumat Bersih dan Jumat Sehat selama 40 menit. Minggu ganjil, para siswi mengadakan Jumat Bersih, dan siswanya Jumat Sehat. “ Minggu depannya, gantian ,” tambah Ibnu. Tugas dibagi secara detail. Misal, siapa yang bertugas mengelap kaca bagian luar, dan siapa saja yang mebersihkan kaca bagian dalam. Kegiatan ini dipimpin Wali Kelas masing-masing. Bahkan, Kepala Sekolah terjun langsung dalam Jumat Bersih.  Uniknya, Penjaga Sekolahlah yang menjadi koordinator kegiatan kebersihan ini.

Tak hanya lingkungan sekolah yang amat dijaga kebersihan dan kerapiannya, setiap tanaman di area sekolah inipun terlihat amat terawat. “ Semua tanaman di sini ada penanggung jawabnya”, ungkap Ibnu. Hal ini ampuh untuk menjaga tanaman tetap terawat. Memang terlihat, tanaman-tanaman di SMP Negeri 1 Sambirejo ini sangat rapi, lengkap dengan  nama spesies masing-masing.

Selain tentang kebersihan lingkungan, Adiwiyata juga adalah tentang keselarasan dengan alam sekitar. Tak hanya ditanamkan kepada siswa yang masih menjadi warga sekolah, selaras dengan lingkungan juga diterapkan bahkan kepada alumni. Ibnu mengatakan, jika ada alumni yang mengadakan reuni dan mereka ingin  memberikan sumbangsih kepada almamater mereka, Ibnu akan menganjurkan para alumni itu untuk mewujudkannya sebagai taman sekolah. Ibnu kemudian menunjuk salah satu sudut sekolah. Ada taman dengan ornamen bebatuan indah di sana. “ Itu dari alumni yang reuni tahun lalu,” jelasnya.

Kegiatan lain yang mendukung Adiwiyata adalah, setiap semester ada lomba kelas paralel. Mereka beradu kreatifitas dalam keindahan, kebersihan, kerapian, dan kedamaian di kelas masing-masing.  Lomba ini diikuti oleh kelas VII dan VIII. Sekolah akan memberikan reward berupa alat pendukung pendidikan kepada para juaranya.

“ Intinya, kami memasukkan semua unsur kecintaan pada lingkungan, di setiap aspek kegiatan di sekolah ini,” kata Ibnu. Maka menjadi sekolah Adiwiyata tidak hanya sekedar gelar , namun menjadi nafas dalam keseharian seluruh warga SMP Negeri I Sambirejo, pungkasnya . _ diskominfo


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account