IKAN BAKAR KHAS BOYOLAYAR

Oleh : admin
06 Agustus 2018
199
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SUMBERLAWANG - Potensi lain dari Dukuh Boyolayar RT. 26 dan RT. 27, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen adalah ikan bakarnya yang khas rasa dan kelezatannya. Sembari membolak-balik beberapa ikan air tawar di atas tungku. Asap putih tebal segera melayang ke udara membawa aroma yang menggugah selera. Para pedagang ikan bakar segar dari keramba yang ada di Waduk Kedung Ombo (WKO). Ikan keramba yang dilumuri bambu sederhana dan tertata rapi berjejer berurutan tak henti-hentinya mengayunkan kipas tradisional yang terbuat dari anyaman bambu.

Ikan dimasak setelah pembeli memesan makanan. Tak hanya itu, jika berkenan, para pembeli juga diperbolehkan untuk membakar sendiri ikan pesanannya. Setelah dibumbui ikan dibakar kira-kira 15 menit. Selama membakar diolesi bumbu sampai beberapa kali supaya bumbu semakin meresap. “Biasanya pembeli juga pengen membakar ikan sendiri”, ungkap Mbah Kasti.

Resep bumbu Mbah Kasti merupakan resep tradisional seperti jahe, kunir, jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, ketumbar, miri, dan kecap menjadi bumbu andalannya. Ditambah dengan racikan sambel kecap, bawang merah dan irisan lombok yang tak boleh ketinggalan dan dijamin mampu memanjakan lidah bagi para penikmatnya.

Saat hari minggu atau liburan bisa membakar kurang lebih 10 Kg kira-kira antara 30-40 ekor seharinya. Satu porsi dihargai dengan Rp. 20.000,- itu sudah komplit ikan, nasi dan es teh, cukup terjangkau bukan? Dengan karakter daging ikan keramba yang lunak akan terasa lembut dan gurih bersama nasi putih dan sambel khas Boyolayar serta lalapan sambil bersantai menikmati pemandangan waduk terluas se-Jawa Tengah itu.

Ikan bakar khas Boyolayar menjadi wisata kuliner andalan Dukuh Boyolayar RT. 26 dan RT. 27, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang. Bendungan yang berada di tiga wilayah kabupaten meliputi Grobogan, Sragen dan Boyolali tersebut akhirnya dikembangkan oleh swadaya masyarakat sekitar sebagai tempat wisata sekaligus kuliner yang menjadi andalan di Dukuh Boyolayar RT. 26 dan RT. 27, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

“Semoga kedepan wisata kuliner di Boyolayar ini masih bisa dipertahankan dan dikembangkan seiring berkembangan potensi wisata alam di Boyolayar”, harapan Mbah Kasti saat kita berkunjung kesana, Selasa (24/7/2018).


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account