TERNAK BEBEK DI NUSUPAN, CELEP, KEDAWUNG SANGAT MENJANJIKAN

Oleh : admin
11 Oktober 2018
147
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

       KEDAWUNG – Bebek atau itik merupakan unggas yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Beternak bebek menjadi kegiatan sehar-hari warga Dusun Nusupan, Desa Celep, Kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sebanyak 55 Keluarga di desa ini beternak bebek, masing-masing keluarga memelihara ratusan hingga ribuan ekor bebek. Dulu warga disini hanya mengandalkan dari hasil sawah dan kebun, kini sebagian besar warga Nusupan bergantung pada hasil ternak bebek.

      Awalnya, petani di daerahnya diajak untuk mencoba membuat terobosan dengan berternak bebek. Usahanya pun tidak selalu berjalan mulus. Banyak kendala menghadang. Awal merintisnya sangat sulit sekali karena ada banyak benturan dari sana sini, ujarnya. "Kalau bebek terserang penyakit, situ kendalanya," ujar Suhardi, perintis kampung bebek. Berbekal ketekunan, sedikit demi sedikit jumlah bebeknya terus bertambah dan menghasilkan telur yang layak untuk untuk dijual. Usaha baru Suhardi tidak begitu saja diterima warga sekitar. Awalnya sejumlah tetangga protes, karena aktivitas ternak bebek menimbulkan bau. Untunglah masalah ini bisa diselesaikan dengan musyawarah.

     Perlahan ternak bebek Suhardi makin maju, sukses, dan menghasilkan. Sehingga beberapa tetangganya ingin belajar dan mengikuti jejaknya. Mereka melihat dan merasakan manfaat berternak bebek. Bahkan beberapa justru langsung banting stir berfokus pada usaha ini. Dengan berjalannya waktu sebagian besar warga Nusupan beralih jadi peternak bebek. Dinas Peternakan setempat pun turun tangan memberikan bantuan, baik berupa pelatihan maupun modal awal untuk memperbaiki sejumlah sarana dan prasarana. Usaha ternak bebek di Nusupan kini berkembang pesat. Oleh karena itu, supaya hasil ternak bebek semakin optimal mereka mendirikan Kelompok Ternak Itik Rejeki Agung yang sekarang anggotanya berjumlah 30 kepala keluarga.


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account