PEMUDA - PEMUDI LEMAH BEDAH UBAH SAMPAH JADI BERKAH


admin | 08 Nopember 2019 | 254

SRAGEN - Anda pasti sudah tidak asing dengan benda satu ini yaitu sampah. Sampah adalah material yang dibuang sebagai sisa dari hasil produksi industri maupun rumah tangga. Definisi lainnya adalah benda-benda yang sudah tidak terpakai oleh makhluk hidup dan menjadi benda buangan. Saat ini, Indonesia menjadi peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia.

Melihat fenomena tersebut banyak pihak di dalam pemerintahan maupun luar pemerintahan berlomba - lomba membangun bank sampah guna meminimalisir jumlah sampah di lingkungan sekitar.

Begitu pula dengan bank sampah "MUDA KARYA" yang dikelola oleh pemuda - pemudi Desa Lemah Bedah, Kelurahan Kacangan, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen ini memiliki visi yang sama dengan fungsi diadakannya bank sampah pada umumnya, selain untuk meminimalisir sampah, hasil dari penjualan sampah tersebut dialokasikan untuk pemasukan karang taruna.

"Bank sampah ini sudah berdiri sejak 2017, tapi dulu masih kecil. Setiap sebulan sekali pemuda - pemudi diwajibkan membawa sampah, setelah sampah terkumpul kita jual, dan uangnya masuk ke kas karang taruna", ujar Al Fathony selaku Direktur Bank Sampah Muda Berkarya.

Kini, Bank Sampah Muda Berkarya sudah memiliki base camp sendiri, siapapun boleh menjual sampah di bank sampah tersebut.

Al Fathony selaku Direktur Bank Sampah Muda Berkarya berharap bank sampah ini bisa terus berkembang, lebih banyak desa-desa yang memiliki bank sampah, ia pun berharap bisa mengolah hasil sampah menjadi sesuatu barang yang bisa diperjual belikan.

Berita Terbaru

Top