KEMENSOS RI BERIKAN BANTUAN PERBAIKAN RTLH KEPADA 100 KK DI KAB SRAGEN


humas | 03 Desember 2019 | 87

SRAGEN - Kementerian Sosial RI memberikan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk 100 Kepala Keluarga di Kabupaten Sragen. Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin (2/12/2019), di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen.

Bantuan senilai Rp. 15 juta per rumah itu diperuntukan bagi warga yang membutuhkan di enam kecamatan di Kab. Sragen, diantaranya Kecamatan Kalijambe, Plupuh, Gemolong, Gesi, Sukodono dan Kecamatan Jenar.

Bupati Yuni berharap melalui bantuan tersebut bisa membantu pemerintah kabupaten dalam mengentaskan kemiskinan di Sragen.

Jumlah RTLH di Sragen saat ini di kisaran angka 6 ribu bangunan Rumah Tidak Layak Huni. Mengenai penyelesaian persoalan itu, Bupati Yuni menyampaikan akan diselesaikan secara bertahap dengan prioritas bagi KK yang benar - benar membutuhkan.

"Ada 260 ribu BDT (Basis Data Terpadu) kita. Bertahap kita, semoga meringankan kemiskinan di Sragen." jelas Bupati Yuni.

Untuk memastikan pengerjaannya,Bupati Yuni akan mengecek langsung progresnya pada akhir bulan ini.

"Akhir pengerjaan akan saya cek langsung," tutur Bupati Yuni.

Bupati Yuni juga meminta camat dan Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ikut serta mengawasi proses pembangunan.

"Harus bisa selesai tepat waktu," tegas Bupati.

Sementara Kepala UPTPK Kabupaten Sragen sekaligus Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos Sragen mengatakan uang bantuan ditransfer ke rekening ketua kelompok selanjutnya ketua kelompok menyerahkan ke masing-masing penerima sebesar Rp. 15 juta untuk perbaikan rumahnya.

"Bantuan untuk warga yang masuk Basik Data Terpadu (BDT) Kemensos diwujudkan uang kemudian dibelanjakan bahan bangunan," jelas Nunuk.

Oleh karena itu, lantaran pembangunan harus selesai akhir tahun ini, penerima bantuan diminta segera membelanjakan uangnya untuk membeli material bangunan. (MY_HUMAS)

 

Berita Terbaru

Top