CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA, PEMKAB SRAGEN LAKUKAN PENYEMPROTAN MASSAL DI 5.480 RT


admin | 27 Maret 2020 | 842

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten Sragen melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di 5.480 RT di seluruh Kabupaten Sragen, Jumat (27/03/2020) pagi. Sebanyak 6.445 liter cairan disinfektan di semprotkan secara serentak.

Penyemprotan massal ini diawali apel bersama, dan dilanjutkan penyemprotan di sepanjang jalan Raya Sukowati dengan menggunakan 1 mobil Damkar dan tanki - tanki dari BPBD Sragen. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Penyemprotan yang juga melibatkan ASN-TNI-Polri dan Tagana ini dipimpin oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Wabup Dedy Endriyatno.

Lokasi sasaran penyemprotan, diantaranya fasilitas umum seperti Jalan Raya, trotoar, taman kota, hingga transportasi publik seperti stasiun dan terminal. Sementara fasilitas sosial, meliputi sekolah, klinik serta tempat ibadah.

"Hari ini tadi kita keliling di beberapa tempat, saya di wilayah perkotaan pak wakil bupati juga, sekda dan teman-teman dinas melihat bagaimana proses penyemprotan serentak di Kabupaten Sragen," terang Bupati usai keliling melakukan pemantauan di wilayah perkotaan.

"Evaluasi saya sebagian masyarakat kota, Alhamdulillah pengetahuan mereka tentang virus corona lumayan. Sudah ada kewaspadaan dan kesadaran untuk melakukan penyemprotan mandiri," ungkap Bupati Yuni.

Kendati sudah ada kesadaran, Bupati Yuni menyampaikan penyemprotan disinfektan oleh warga sendiri harus terus didorong agar penyemprotan bisa dilakukan setiap hari.

"Dilakukan pagi - sore, pagi - sore di lap sendiri tempat-tempat yang memang terbiasa untuk dipegang seperti handle pintu, jendela dan lain-lain," pesannya.

Cara ini dikatakannya merupakan salah satu wujud ikhtiar Pemda Sragen untuk membuat masyarakat tetap dalam keadaan sehat.

Lebih lanjut Bupati juga mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik namun waspada akan penyebaran virus covid -19.

"Selalu waspada jangan lengah dengan jaga diri sendiri melalui pola hidup bersih. Selain itu, patuhi himbauan pemerintah akan social distancing dan menjauhi keramaian untuk memutus penyebaran, ” tegas Bupati.

Tidak hanya melakukan penyemprotan, kegiatan disinfektan massal itu juga diikuti dengan edukasi keliling pemerintah agar masyarakat waspada terhadap persebaran virus covid-19. Satgas covid 19 berkeliling kesejumlah ruas jalan dan pemukiman penduduk, memberikan himbauan masyarakat akan langkah langkah penanganan corona.

Edukasi juga disampaikan Bupati Sragen Yuni, Wabup Dedy dan Sekda Tatag Prabawanto untuk memberikan pemahaman langsung apa itu social distancing dan bagaimana agar terhindar dari virus corona.

Selain edukasi, Pemkab Sragen juga membagikan leaflet berisi pencegahan dan gejala covid-19, masker hingga hand sanitizer. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top