LIMA KALI BERTURUT-TURUT, PEMKAB SRAGEN KEMBALI RAIH OPINI WTP


admin | 18 Mei 2020 | 292

SRAGEN - Lima kali berturut-turut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, opini WTP juga diraih Pemkab Sragen atas LKPD tahun 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Penerimaan laporan dilakukan oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Ketua DPRD Sragen Suparno, Wakil Bupati Dedy Endriyatno dan Sekda Tatag Prabawanto yang dilakukan secara daring menggunakan video conference di Ruang Command Center, Senin (18/5).

“Alhamduliilah, Kabupaten Sragen kembali meraih opini WTP untuk kelima kalinya atas LKPD tahun 2019. Kami bersyukur atas raihan ini, karena ini merupakan salah satu kado terindah untuk Hari Jadi ke-274 Kabupaten Sragen,” terang Bupati Yuni.

"Kabupaten Sragen telah menerima Opini WTP pertama kali pada Tahun 2015 dan dalam menjabat Bupati Sragen selama 4 (empat) Tahun kami bisa mempertahankan WTP, semoga Tahun 2020 kami bisa mempertahankannya," lanjutnya.

Menurut Bupati Yuni, opini WTP adalah sebuah capaian opini yang baik dalam tata kelola keuangan didukung dengan tata kelola pemerintah yang baik pula. Capaian tersebut adalah hasil kerja keras bersama semua pihak.

Selama dalam proses audit, mulai entry meeting, exit meeting sampai dengan penyerahan hasil audit di tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena penyerahan dilakukan secara daring ditengah pandemi covid-19.

"Meskipun para Auditor melaksanakan pemeriksaan dari rumah masing-masing, kami ucapkan terimakasih atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan," ungkap Bupati.

Selanjutnya, untuk Rencana Aksi (Action Plan) menindaklanjuti kekurangan dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Bupati berharap dalam implementasinya mengharap bimbingan dan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan agar tindak lanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat waktu.

Bupati juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Sragen sangat komitmen dalam pengelolaan keuangan dilaksanakan dengan baik, sampai dengan pengelolaan di tingkat Desa.

"Tahun 2020 ini semua desa sudah menerapkan sistem pengelolaan keuangan/SISKEUDES) dan sudah menerapkan transaksi Non Tunai," terangnya.

Sementara untuk Penanganan Corona di Kabupaten Sragen sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Provinsi Jateng, Ayub Amali menyampaikan apresiasi atas kerja pimpinan daerah Kabupaten Sragen beserta seluruh jajarannya karena berkat kerja sama seluruh pihak, pelaksanaan pemeriksaan sampai dengan penyerahan hasil pemeriksaan atas LKPD TA 2019 pada Kabupaten Sragen dapat terlaksana tanpa kendala berarti walaupun dalam kondisi wabah COVID-19.

"Dalam melaksanakan pemeriksaan, BPK tetap melaksanakan prosedur pemeriksaan dengan memperhatikan quality control dan quality assurance, hanya metodenya yang disesuaikan”, jelasnya.

Permintaan keterangan/ wawancara dengan entitas serta permintaan dokumen/ data dilakukan melalui e-mail, whatsapp, dan video conference. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top