PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI SRAGEN TETAP BERJALAN MESKI DI TENGAH PANDEMI COVID19


admin | 23 Juni 2020 | 266

SRAGEN - Meskipun penanganan penyebaran Covid-19 masih menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen saat ini, namun peningkatan beberapa proyek infrastruktur jalan maupun jembatan di bumi sukowati tetap berjalan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sragen, Marija, Jumat (19/6) di Ruang Kerjanya.

"Alhamdulillah Sragen walaupun ada Covid-19 peningkatan jalan / jembatan tetap terealisasi, kita mungkin satu-satunya di Jawa Tengah yang bisa merealisasikan peningKatan jalan," ungkapnya.

Marija mengungkapkan, proyek peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan pada Tahun Anggaran 2020 ada sebanyak 11 paket proyek. Dan 3 paket proyek diantaranya sudah selesai pembangunannya.

"Ruas Jalan Bayanan - Jekawal (Kecamatan Tangen) sepanjang 3,79 KM, Jalan Jambean - Sukorejo (Kecamatan Sambirejo) sepanjang 5 KM, Jalan Jabung - Sidokerto (Kecamatan Plupuh) sepanjang 1,33 KM, Jalan Brambang - Wonorejo (Kecamatan Kedawung) sepanjang 0,55 KM, dan Jalan Pilang - Kliwonan (Kecamatan Masaran) sepanjang 0,89 KM," terang Marija.

Sementara pembangunan jembatan ada 3, yakni Jembatan Sumberejo - Gondanglegi (Kecamatan Miri) sepanjang 12 meter, Jembatan Pucuk - Bejing (Kecamatan Masaran) sepanjang 30 meter, dan Jembatan Plampang (Kecamatan Gondang) sepanjang 36 meter.

"Dari 11 paket itu, sudah ada tiga ruas jalan yang selesai pembangunannya. Diantaranya, Jalan Halmahera (Teguhan, Kecamatan Sragen) dengan panjang 0,62 KM, Jalan Geneng - Wonorejo (Kecamatan Kalijambe) panjang 1,35 KM, dan Jalan Tangkil - Baok (Kecamatan Sragen) sepanjang 1,7 KM," lanjutnya.

Sumber dana pembangunan proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sragen, dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Dinas PUPR Sragen, Marija menyampaikan dari total 1.200 kilometer panjang jalan di Kabupaten Sragen sudah 88% dalam kondisi baik.

Pihaknya mengaku pembangunan jalan - jembatan tahun 2020 ini, Pemkab Sragen melalui Dinas PUPR sudah melakukan lelang diawal tahun sehingga pembangunan segera dilakukan dan dana tidak terpotong untuk covid-19.

Terpisah, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan peningkatan infrastruktur berupa jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Sragen ini sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Sragen, salah satunya dalam Pembangunan infrastruktur yang menyeluruh dan berkualitas untuk mempercepat capaian aspek – aspek pembangunan.

Selain itu juga sebagai upaya Pemkab dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang merupakan program prioritas.

"Tentunya kami berharap dengan kebijakan ini, 80 persen jalan kabupaten di Sragen sudah bagus, sehingga ke depan tinggal perawatan dan pemeliharaan saja. Tapi saya minta masyarakat pun ikut memiliki, dengan ikut menjaga jalan ini," harapnya.

Menurut Bupati, kondisi jalan yang bagus tentu akan berimbas pada kemudahan transportasi dan tentunya peningkatan ekonomi rakyat.

"Kami harapkan dengan pembangunan ini, akan berimbas pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sragen," harap Bupati.

Oleh karena itu Bupati Yuni mengatakan terus memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan maupun jembatan di Kabupaten Sragen secara bertahap.

"Jalan maupun jembatan yang belum diperbaiki akan dibangun secara bertahap dengan tupoksi masing-masing,"pungkasnya. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top