PASIEN COVID - 19 DI SRAGEN, TAMBAH SATU SEMBUH DAN SATU POSITIF


admin | 25 Juni 2020 | 510

SRAGEN - Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati melaporkan adanya tambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus covid-19. Satu orang, yaitu Pasien D (30 tahun) yang merupakan warga Kecamatan Gemolong, dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes swab, Kamis (26/6/2020).

"Pasien laki-laki tersebut sudah dilakukan uji swab yang kedua dan ketiga, hasilnya negatif semua. Dengan demikian, jumlah pasien yang sembuh di Sragen total sudah ada 33 orang dari total 50 kasus positif saat ini," jelas Bupati usai memberikan sosialisasi Jogo Tonggo di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen.

Pasien D yang berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Covid-19 ini sebelumnya menjalani perawatan di ruang isolasi RS dr. Oen Solo sejak Sabtu (20/6/2020).

Hasil tes swab-nya keluar pada Jumat (19/6/2020) dan langsung dijemput petugas medis. Setelah dua hari dirawat, warga Gemolong positif Covid-19 itu menjalani tes swab sebanyak tiga kali.

"Dinyatakan positif Covid-19, Jumat (19/6/2020), sementara laporan tambahan satu warga yang positif Covid-19 itu baru diterima DKK Sragen hari Rabu (24/6)," kata Bupati.

"Alhamdulillah hari ini telah sembuh dan dibolehkan pulang. Namun tetap harus melakukan karantina mandiri sampai 14 hari dirumah," lanjut Bupati.

D sendiri merupakan seorang karyawan swasta di Kalimantan.

Selain penambahan pasien sembuh, Bupati Yuni menambahkan, pada hari ini juga bertambah satu pasien yang terkonfirmasi positif virus corona.

"Selain ada tambahan satu pasien sembuh, ada satu lagi yang positif. Sehingga total kumulatif ada 50 pasien positif di Sragen," terangnya.

Pasien positif baru tersebut adalah perempuan muda asal Kecamatan Jenar, berinisial TL (25 tahun). Ia terkonfirmasi positif Covid-19 seusai melahirkanz

Hasil tes swab yang menyatakan dia positif keluar pada Kamis (25/6/2020). Perempuan itu sebelumnya hamil dan diketahui positif Covid-19 setelah melakukan persalinan di RSUD dr. Moewardi Solo.

Perempuan muda asal Jenar ini terkonfirmasi positif Covid-19 karena ada kontak erat dengan mantan pasien positif covid-19, dan sudah sembuh.

"Bayi yang lahir sudah diambil darahnya untuk rapid test dan hasilnya nonreaktif. Karena nonreaktif tidak dilakukan tes lanjutan. Sementara ibu si bayi itu rapid test reaktif kemudian diuji swab dan hasilnya positif. Sekarang perempuan itu dirawat di RSUD dr. Moewardi Solo," jelas Bupati.

Saat ini Tim Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Sragen sudah melakukan tracing di wilayah Jenar itu dan hanya menemukan empat yang pernah kontak erat.

Total kasus terkonfirmasi positif virus covid-19 di Kabupaten Sragen secara kumulatif ada 50 orang.

"Ada 33 pasien positif sudah dinyatakan sembuh, 1 meninggal dunia, 12 OTG positif covid-19 menjalani karantina di Gedung Karantina Technopark Sragen, sementara pasien positif covid-19 yang menjalani perawatan, ada 3 orang di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen dan 1 pasien dirawat di RSUD dr. Moewardi Solo," pungkasnya.(MY_DISKOMINFO

Berita Terbaru

Top