BUPATI SERAHKAN 100 KEPING e- KTP PEMULA DI KECAMATAN MASARAN


admin | 01 Agustus 2020 | 124

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mulai menyerahkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi pemula warga Kecamatan Masaran, Sragen.

Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sragen, Haryatno Wahyu Lwiyanto, Camat Masaran, Agus Winarno bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Masaran, Sabtu (1/8/2020).

Kepala Dispendukcapil Sragen, Haryatno Wahyu Lwiyanto mengatakan penyerahan KTP-el kepada pemula ini akan dilakukan di 20 Kecamatan se-Kabupaten Sragen.

"Masing-masing Kecamatan ada 100 keping KTP-el yang diserahkan untuk pemula berusia 17 tahun - 19 tahun," kata Wahyu.

Dirinya menambahkan penyerahan KTP-el ini sebagai upaya mendukung Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

"Setiap Penduduk harus memiliki kartu identitas diri, untuk itulah kita memfasilitasi bagi masyarakat yang sudah cukup umur untuk memiliki KTP elektronik," terangnya.

Pihaknya menambahkan perekaman KTP elektronik maupun pelayanan kependudukan lain pada situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sragen sementara dibatasi, karena mengikuti protokol kesehatan yakni jaga jarak, cuci tangan dan memakai masker.

Pada kesempatan itu, Bupati dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen melalui Dispendukcapil akan terus berupaya meningkatkan kinerja pelayanan, terutama untuk mempercepat proses perekaman dan pencetakan KTP-el bagi masyarakat Sragen.

"Sekarang Kantor kecamatan sudah bisa melakukan perekaman e-KTP. Ini berarti semakin mendekatkan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kependudukan. Pelayanan kependudukan juga tidak hanya e-KTP saja, tetapi juga identitas lainnya seperti KK, Akta Kelahiran," papar Bupati.

Menurutnya warga negara khususnya di Indonesia penting memiliki Kanrtu Tanda Penduduk (KTP). Apalagi berbagai pelayanan dibeberapa tempat pasti membutuhkan identitas.

"Betapa penting kepemilikan KTP bagi kita warga negara. Beberapa pelayanan publik banyak yang membutuhkan penggunaan KTP," terangnya.

Warga juga diharapkan Bupati, untuk proaktif melakukan perekaman data diri yang diperlukan dalam pencetakan KTP-el. Dan kepada seluruh petugas Dispendukcapil sampai ke tingkat kecamatan, sangat ditekankan untuk selalu semangat.

"Semoga bermanfaat dan KTP-el nya disimpan baik-baik, jangan disalahgunakan. Kepada petugas saya harap bisa menjaga disiplin dan konsisten pada upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat", harap Bupati.

Sholeh, salah seorang warga Kecamatan Masaran yang juga sebagai penerima KTP-el menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih atas kecekatan pelayanan Pemkab Sragen yang semakin baik dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat.

"Terimakasih kepada Pemkab Sragen. Semoga kedepannya Pemkab Sragen melalui Dispendukcapil dapat lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Termasuk dalam perbaikan jaringan terkait pembuatan administrasi e-KTP, KK dan AKTE Kelahiran Masyarakat", ungkapnya.

Selain penyerahan KTP-el, sebelumnya juga dilakukan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri bernomor 104 tahun 2019 dan Permendagri nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Maksudnya dokumentasi administrasi kependudukan yang tidak lagi menggunakan blangko seperti biasanya (security printing) tetapi menggunakan kertas HVS putih A4 80 gram. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top