BUPATI YUNI RESMIKAN SRAGEN HARMONI HIJAU HUTAN KOTA PLUMBUNGAN TAHAP I


admin | 11 September 2020 | 160

SRAGEN - Sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan lingkungan hijau di Kabupaten Sragen, PT Japfa Comfeed Tbk bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen meresmikan Pembangunan tahap 1 Sragen Harmoni Hijau Hutan Kota Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen.

Peresmiannya ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Kepala Unit Japfa Comfeed Indonesia Sragen, Adi Purnomo dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Samsuri, Jumat (11/9/2020).

Kepala Unit Japfa Comfeed Indonesia Sragen, Adi Purnomo mengatakan Penataan Hutan Kota Plumbungan tahap I meliputi pembangunan jogging track sepanjang 950 meter, kursi taman, pembangunan plaza entrance, dan pembangunan toilet.

“Dibangunnya Harmoni Hijau Hutan Kota Plumbungan ini di desain agar cahaya matahari bisa masuk supaya masyarakat bisa berjemur dan hidup bersih, hidup sehat. Kelanjutannya atas izin Bupati sehingga kita bisa melanjutkan proyek ini sampai ke tiga tahap. Tahap II dilanjutkan pada tahun depan,” jelas Adi Purnomo.

Untuk tahap kedua, rencana memperluas jogging track meliputi pembangunan tempat pembuangan sampah (TPS) berkonsep reduce, reuse dan recycle (3R), melanjutkan pembangunan jogging track sepanjang sekitar 1.700 meter, area bermain anak, penataan tanaman dan lain-lain.

“Tahun ini yang sudah jadi baru small jogging track sepanjang 950 meter. Tahun depan dibangun yang lebih panjang mengeliling hutan kota seluas 15 hektare ini dengan total panjang jogging track 2,5 km termasuk batu untuk pijat kaki refleksi lansia,” lanjut Adi.

Sementara pembangunan tahap ke-3 menggunakan konsep back to nature jadi PT Japfa punya go green for better productivity.

Pada kesempatan itu, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap penataan Hutan Kota Plumbungan bisa menambah jumlah ruang terbuka hijau yang lebih ramah lingkungan di wilayah Sragen. Hutan Kota Plumbungan juga diharapkan bisa menjadi alternatif jujukan wisata keluarga di Bumi Sukowati.

“Alhamdulillah, hari ini diresmikan Sragen Harmoni Hijau, ini adalah Corporate Social Respondsibility (CSR) dari PT Japfa. Selesai dikerjakan untuk tahap pertamanya, sementara tahap kedua nanti tahun depan semoga lancar,” terang Bupati.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada PT Japfa yang telah membuat area terbuka di Kabupaten Sragen. Sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Yang kemarin becek, banyak rumput dan orang takut masuk. Sekarang bisa dinikmati, saya harapkan semua warga dapat menjaga dan merawatnya baik-baik agar aset negara ini bisa dirasakan oleh anak-anak kita cucu kita,” harapnya.

Bupati berpesan kepada masyarakat yang akan berolahraga atau berkunjung ke Sragen Harmoni Hijau dimasa pandemi covid-19 ini untuk mematuhi protokol kesehatan. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top