PEMBUKAAN MUSCAB 2020 IBI KABUPATEN SRAGEN


admin | 03 Oktober 2020 | 149

SRAGEN - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sragen, Dedy Endriyatno menyebut membuka Musyawarah Cabang (Muscab) tahun 2020 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sragen yang digelar di Pendopo Sumonegaran Rumdin Bupati Sragen, Sabtu (03/10/2020).

Acara tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan pakai masker, cek suhu badan, jaga jarak dan cuci tangan.

Pada kesempatannya, Plt. Bupati Sragen Dedy Endriyatno mengapresiasi profesi Bidan sebagai tenaga kesehatan yang juga menjadi salah satu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak dimasa penanggulangan covid-19.

"Pelayanan di masa pandemi ini, Bidan dalam memberikan pelayanan harus tetap mengacu pada pedoman dan prinsip - prinsip manajemen Covid -19 yang sudah di tetapkan oleh pemerintah baik fasilitas, penggunaan APD, maupun prosedur pencegahan peutusan mata rantai penularan infeksi," terangnya.

Menurutnya, IBI sebagai wadah organisasi bidan tetap solid dan kuat untuk memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, sekaligus menekan angka kasus stunting khususnya di wilayah Kabupaten Sragen.

Tak hanya itu, Pihaknya berpesan agar para bidan dapat memberikan edukasi kepada para Ibu yang baru melahirkan tentang pentingnya ASI.

"Protein pertama bagi bayi ada pada ASI, untuk itu saya titip juga masalah stunting. Hal ini merupakan tugas kita bersama bagaimana mengatasi dan menekan angka stunting di Kabupaten Sragen," ujar Plt. Bupati Sragen.

Perlu diketahui, tahun 2020 Kabupaten Sragen menjadi daerah fokus penanggulangan stunting dan fokus penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) maupun Angka Kematian Bayi (AKB).

Pihaknya mengaku bahwa kasus kematian ibu terjadi peningkatan yang luar biasa dibandingkan tahun lalu. Untuk itu, Plt Bupati Sragen mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat bekerjasama menurunkan AKI dan AKB.

"Tentu ini menjadi PR dan tantangan berat bagi kita semua. Untuk menurunkan AKI, AKB dan stunting, merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat diharapkan masalah-masalah tersebut segera teratasi dengan baik," pungkasnya.

Ketua Pengurus IBI Cabang Sragen, E. Tyas Damai Tatag Prabawanto berharap dalam Musyawarah Cabang ini dapat terpilih pengurus yang dapat melanjutkan jalannya roda organisasi IBI sesuai ketentuan organisasi. Selain itu juga dapat menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat bagi kemajuan IBI cabang Sragen.

Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Jawa Tengah, Sumarsih menyampaikan penghargaan kepada IBI cabang Sragen dalam meningkatkan pelayanan sebagai bidan khususnya dimasa pandemi covid-19.

"Masa pandemi ini telah menyebabkan berbagai perubahan, salah satunya di bidang kesehatan dalam pelayanan kebidanan yang telah merespond pasien dengan prima, cepat, tepat dan aman," tutupnya. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top