PERTAMA KALI YONIF R 408 SUHBRASTHA GELAR LATIHAN PEMANTAPAN RAIDER


admin | 15 Oktober 2020 | 118

SRAGEN - Dalam rangka meningkatkan kemampuan satuan dan prajurit Yonif Raider 408/Suhbrastha, Rindam IV/Diponegoro gelar Latihan Pemantapan Raider yang berlangsung selama 6 hari sejak 8 - 13 Oktober 2020 di wilayah Sragen dan Purwodadi komplek.

Di hari terakhir pada puncak latihan, dilaksanakan simulasi operasi fast roping dan raid pembebasan tawanan yang dipimpin langsung oleh Danyonif Raider 408/Suhbrastha Letkol Inf Yefta Sangkakala

Dua simulasi operasi yang berlangsung di depan Alun-Alun Sasono Langen Putra Sragen, Selasa (12/10/2020) juga disaksikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sragen, Dedy Endriyatno bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sragen.

Latihan yang diikuti 230 personel Batalyon Infantri rektor 408 Sragen tersebut ada 5 materi simulasi operasi.

Simulasi operasi pembebasan tawanan ini diawali dengan operasi mobil udara dan serangan secara sporadis di sasaran dengan mengutamakan keselamatan sandera. Bermotokan : "Cepat-Senyap-Tepat" merupakan dasar yang harus dimiliki oleh Prajurit Raider guna tercapainya keberhasilan dalam pelaksanaan tugas operasi.

Danyonif Raider 408/Suhbrastha Letkol Inf Yefta Sangkakala menyampaikan Latihan Pemantapan Raider Yonif R 408/Sbh ini baru pertama kali dilaksanakan oleh prajurit Yonif R 408/Sbh.

"Latihan ini baru pertama kali kita laksanakan, ini merupakan wujud pertanggungjawaban kita kepada rakyat dan negara untuk selalu siap dilibatkan dalam penugasan operasi sebagai garda terdepan dalam menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI", terangnya.

Danrindam lV/Diponegoro Kolonel Inf. Tarsono, mengatakan Latihan Pemantapan Raider ini dilaksanakan guna menguji kemampuan operasi satuan yang bersifat khusus sehingga kemampuan khusus yang dimiliki oleh satuan ini tetap terpelihara untuk menghadapi perkembangan situasi baik regional maupun nasional yang berkembang saat ini.

"Ada beberapa materi yang kita latihkan dalam kegiatan Latihan Pemantapan Raider Yonif R 408/Sbh ini diantaranya Operasi Mobud, Operasi Raid, TPRAG, PKP dan Renang Taktis. Harapannya dengan rangkaian kegiatan latihan ini Yonif R 408/Sbh selalu siap setiap saat untuk dioperasionalkan dalam berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi", ungkap Kolonel Inf Tarsono.

Sementara Plt Bupati Sragen Dedy Endriyatno mengapresiasi latihan pemantapan yang digelar Batalyon Raider 408/Sbh tersebut. Karena bukan hanya menjadi kebanggaan TNI tapi juga kebanggaan masyarakat Kabupaten Sragen.

"Karena hanya dalam kurun waktu satu tahun sudah bisa membentuk pasukan Batalyon Raider 408/Sbh, ini sebuah prestasi yang luar biasa bagi kita semua. Dan tadi penampilan mereka, juga menjadi daya tarik tersendiri dan membuat masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan serta mengagumi sejauh mana kehebatan pasukan elit Batalyon Raider 408/Sbh," tutupnya. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top