SEROJA, CHATBOT LAYANAN INFORMASI PUBLIK PERTAMA DI SRAGEN SMART CITY


admin | 21 Nopember 2020 | 86

SRAGEN - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sragen Dedy Endriyatno me-launching inovasi informasi layanan publik melalui Sragen Robot Menjawab (SEROJA) berbasis whatsapp chatbot, Kamis (19/11/2020) di Ruang Sukowati Setda Sragen.

Melalui aplikasi SEROJA, masyarakat yang ingin memperoleh informasi seputar Sragen atau layanan publik tidak perlu mendatangi kantor layanan pemerintah.

Cukup dengan mengirim pesan WhatsApp di nomor 085600006911 atau klik website seroja.sragenkab.go.id masyarakat bisa dengan mudah bertanya, hingga menyampaikan kritik dan saran kepada Pemkab Sragen, melalui WhatsApp.

Adapun ide awal pembangunan SEROJA ini, merupakan hasil dari aksi perubahan kinerja pelayanan publik pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas angkatan V BPSDMD Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan BKPSDM Pemerintah Kabupaten Sragen tahun 2020.

Dalam kesempatannya, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Sragen, Rahmad Purwadi menjelaskan inovasi ini dalam rangka upaya menjaga keberlanjutan pengembangan Sragen Smart City.

"Dalam rangka memenuhi tugas tersebut dan memperhatikan permasalahan strategis, dimana semakin dituntutnya pelayanan publik yang prima, mudah di akses dan cepat," jelas Purwadi.

Pihaknya berharap seroja bisa menjadi pelopor, dalam pemanfaatan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan berbasis WhatsApp Chatbot di sektor pemerintahan khususnya bidang layanan publik di Kabupaten Sragen.

Kasi Pemberdayaan Teknologi Informasi Diskominfo Kabupaten Sragen, Imas Wulandari selaku Project Leader Tim Efektif Aksi Perubahan Seroja, menjelaskan jika dirinya melihat pemanfaatan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan di bidang pemerintahan khususnya di layanan publik masih jarang, sehingga dirinya dan tim berinovasi mewujudkan SEROJA.

"Harapan Kami, SEROJA dapat menjadi motivasi dan sekaligus menjadi langkah awal kita dalam memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Artificial Intelligence di bidang layanan publik lainnya," terangnya.

Usai me-launching, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sragen, Dedy Endriyatno menyambut baik sekaligus memberi apresiasi dan juga mendukung kerja keras dari tim efektif SEROJA yang telah berhasil mewujudkan teknologi Artificial Intelligence tersebut.

"Kami berpesan kepada ASN Sragen supaya juga berperan aktif mengupdate informasi layanan publik di lingkungan kerja masing-masing, agar SEROJA bisa berjalan maksimal dan dapat terus dikembangkan sekaligus sebagai aplikasi pendukung Smart City di Kabupaten Sragen," pesannya.

Oleh karena itu, adanya SEROJA ini pihaknya berharap dapat direplikasi dan dapat memicu semangat berinovasi bagi instansi penyedia layanan publik lainnya. Selain itu dirinya juga berpesan agar masyarakat tidak menjadi korban teknologi.

"Karena terus berkembang, kita jangan menjadi korban teknologi, kita harus bisa menguasai teknologi dan memanfaatkan teknologi," tandasnya. (MY_DISKOMINFO)

Berita Terbaru

Top