Foto

SEBANYAK 248 PEJABAT DILINGKUNGAN PEMKAB SRAGEN DILANTIK


admin | 02 Nopember 2021 | 1659

SRAGEN – Wakil Bupati Suroto melantik sekaligus mengambil Sumpah/Janji Jabatan Pejabat Administrator,            Pejabat Pengawas, dan Pejabat Fungsional di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Selasa (02/11/2021).

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah, disaksikan oleh Sekda Sragen Tatag Prabawanto, dan Jajaran Asisten Setda.

Jumlah pejabat yang dilantik pada kesempatan tersebut total 248 orang, dengan rincian Pejabat Administrator sebanyak 1 orang, Pejabat Pengawas sebanyak 5 orang, dan Pejabat Fungsional sebanyak 242 orang yang terdiri dari 28 jabatan fungsional yang tersebar dalam 16 organisasi perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Suroto menjelaskan bahwa memiliki sifat amanah sangat penting bagi pejabat yang dilantik. Hal tersebut karena pengangkatannya sangat mempertimbangkan kompetensi, kesesuaian latar belakang pendidikan, keahlian, serta minat dan bakat yang diharapkan lebih menjamin efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kerja.

“Sifat amanah sangat penting bagi pejabat, sangat beralasan jika jabatan itu adalah amanah yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan, bukan saja dari aspek administrative, tetapi juga aspek moral,” terangnya.

Menurutnya, ada tiga peran yang harus melekat pada diri seorang pimpinan, di antaranya peran pimpinan sebagai pelaksana, pengelola, dan pemimpin itu sendiri. Dimana dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kedinasan pejabat harus mengayomi dan melindungi anak buahnya.

“Seorang pemimpin harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada bawahan dalam bekerja, memberikan arahan, dan mampu memberika contoh, sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Wabup Suroto juga berpesan untuk menghindari penyimpangan yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi diri sendiri maupun lingkungan kerja.

“Jadilah PNS yang menjadi panutan, menjadi trouble shooter bukan trouble maker. Harap diingat, saya tidak segan-segan menindak pejabat dan ASN pada umumnya yang melanggar kewajiban dan larangan,” tegasnya.

Wabup Suroto berharap bagi pejabat yang dilantik bisa menjadi pelopor ASN dan mampu membuat loncatan-loncatan penting. Serta mempunyai kreativitas, inovatif, mempunyai jiwa responbility yang kuat, dan peka terhadap situasi dan kondisi. (Mega/Feni/Kiki_Diskominfo)

Berita Terbaru

Top