Foto

LANTIK PIMPINAN BAZNAS 2021-2026, BUPATI YUNI : OPTIMALKAN KINERJA DAN AMANAH JALANKAN TUGAS


admin | 09 Nopember 2021 | 287

SRAGEN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sragen memiliki kepengurusan baru dengan dilantiknya Ketua dan Wakil Ketua Baznas periode 2021-2026 oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Selasa (9/11/2021), bertempat di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen.

Baznas merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh Pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001 tentang Badan Amil Zakat Nasional yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada Tingkat Nasional.

Dalam seleksi kepengurusan baru Baznas untuk lima tahun kedepan itu tercatat ada 10 orang pendaftar dan mengikuti seleksi yang dilakukan secara transparan, ketat dan berjenjang. Sementara, proses seleksi dimulai sejak bulan Juni 2021 lalu.

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan bahwa seleksi untuk calon pimpinan Baznas Kabupaten Sragen dilakukan melalui tahapan computer assisted test (CAT) dan wawancara. Kandidat yang lolos seleksi kemudian diusulkan kepada Baznas Republik Indonesia untuk mendapatkan pertimbangan.

Dari hasil verifikasi ini, Mustaqim terpilih menjadi Ketua Baznas Kabupaten Sragen yang baru. Sementara Wakil Ketua I, Suranto, Wakil Ketua II, Sarwaka, Wakil Ketua III, Suparto, dan Wakil Ketua IV, Subhan.

Bupati Yuni berharap pengurus Baznas Sragen yang resmi dilantik pada hari ini bisa terus amanah dan tingkatkan kinerja, serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah juga masyarakat.

"Semoga Baznas Kabupaten Sragen di bawah kepengurusan yang baru dapat melanjutkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sragen serta dapat saling menguatkan dalam membangun Sragen, dan semoga prestasi terus meningkat," harap Bupati.

Tak lupa Bupati Yuni juga sampaikan terima kasih kepada pimpinan Baznas Sragen periode 2016-2021 atas pengabdian dan dedikasinya. Hingga mampu meraih penghargaan tingkat Nasional dan Provinsi Jawa Tengah.

"Selama lima tahun ini, Alhamdulillah Baznas Sragen bisa empat kali mendapatkan berbagai penghargaan. Tiga kali juara 1 Baznas Award dan 1 kali juara 1 Zakat Award Kemenag RI, serta satu kali juara 1 Baznas Provinsi Jawa Tengah Award," paparnya.

Bupati Yuni juga mengapresiasi kepada seluruh ASN dan pegawai BUMD di Kabupaten Sragen yang sudah menunaikan zakat melalui Baznas sesuai dengan SE Bupati Nomor 451/456/004/2020 berdasar Inpres nomor 3 tahun 2014 tentang optimalisasi zakat.

"Alhamdulillah.. Kami sampaikan Bapak Pimpinan baznas RI pengumpulan Zakat Infaq Sedekah mengalami peningkatan signifikan dari 1,5 miliar per tahun menjadi 7,7 miliar dalam waktu Januari sampai Oktober 2021. Dan saat ini penunaian ZIS di Pemkab Sragen sudah melalui payroll sistem," lanjut Bupati.

Pihaknya pun yakin bahwa pengelolaan zakat di Kabupaten Sragen akan menjadi lebih baik lagi apabila dikelola oleh lembaga yang kuat dan diperkuat dengan sumber daya manusia yang kompeten, profesional juga amanah.

"Untuk itu sinergitas Baznas dan Pemkab Sragen dimana Baznas merupakan lembaga Pemerintah non struktural sehingga menjadi sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Miyos_Diskominfo)

Berita Terbaru

Top