Foto

BAZNAS SRAGEN SALURKAN BANTUAN BEASISWA PENDIDIKAN, PERBAIKAN RTLH DAN PEMBANGUNAN MASJID


admin | 26 Nopember 2021 | 113

SRAGEN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sragen terus jalankan program kemanusiaan berupa perbaikan Rumah Tak Layak Huni (RTLH), Beasiswa SD, SMP, SMA dan bantuan pembangunan atau renovasi masjid.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada perwakilan penerima di Aula Sukowati Pemda Sragen, Jumat (26/11/2021).

Hadir dalam kegiatan pentasharufan bantuan, Ketua Baznas Kabupaten Sragen Mustaqim, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen Hanif Hanani, Kepala Dinas Kabupaten Sragen Suwardi, Camat dan Kepala Desa Kabupaten Sragen, serta perwakilan penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Bupati Yuni menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Baznas yang telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan regulasi untuk mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi umat berdasar asnaf penerima zakat.

“Hari ini kita saksikan bersama bahwa dana zakat dan infaq yang di tasharufkan oleh BAZNAS Kabupaten Sragen dapat digunakan untuk membantu ribuan siswa-siswi yang ada di 20 kecamatan di Kabupaten Sragen,” terang Bupati.

Bantuan berupa beasiswa pendidikan tersebar untuk siswa-siswi di 20 kecamatan di Kabupaten Sragen dengan total penerima bantuan 1.035 siswa. Diantaranya 400 siswa SD dengan nominal Rp 500.000 per siswa, 500 siswa SMP/MTsN dengan nominal Rp 750.000 per siswa, dan 135 siswa SMA sederajat dengan nominal bantuan Rp 1.000.000 per siswa. Kemudian sebanyak 35 mahasiswa menerima bantuan beasiswa perguruan tinggi dengan nominal bantuan Rp 6.000.000 per orang.

Disampaikan Bupati, dana zakat, infaq dan sedekah dapat menjadi alternatif solusi pemberdayaan umat. Ratusan keluarga yang masih memiliki rumah tidak layak huni pun dapat terbantu.

Bantuan perbaikan RTLH sejumlah 100 penerima dengan nominal Rp 8.500.000 per penerima. Kemudian untuk perbaikan dan pembangunan masjid sebesar Rp 50.000.000 untuk 5 masjid.

“Semoga, pengelolaan Zakat di BAZNAS Kabupaten Sragen dapat lebih maju lagi dan menjadi kemanfaatan untuk kesejahteraan serta pemberdayaan umat dalam berbagai bidang,” harapnya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Sragen, Mustaqim, mengatakan karena sedang pandemi, pentasharufan bantuan dilakukan secara simbolis. Untuk penerima bantuan perbaikan RTLH selain simbolis akan didistribusi per tanggal 1 Desember untuk wilayah kecamatan Miri dan Sumberlawang. Kemudian untuk Kecamatan Karangmalang akan didistribusikan tanggal 2 Desember untuk kecematan karangmalang.

“Karena pandemi, pentasharufan dilakukan secara simbolis dengan sistem penjadwalan agar tidak terjadi penumpukan masa,” ujarnya.

Selanjutnya untuk penerima beasiswa SD, SMP, SMA Sederajat dikarenakan Ujian sekolah maka penerimaan selain simbolis dimulai pada tanggal 14 Desember 2021 di kantor BAZNAS dengan sistem penjadwalan, demikian juga untuk bantuan renovasi Masjid dan mushola. Sementara untuk bantuan beasiswa perguruan tinggi akan di transfer langsung ke nomor rekening kampus.

Mustaqim berharap dana ZIS yang di tasharufkan bermanfaat dan membawa keberkahan bagi semua pihak.

Dari kegiatan tersebut anggaran yang dikeluarkan senilai Rp 1.820.000.000 yang bersumber dari zakat ASN serta pegawai BUMD. (Mega_Diskominfo)

Berita Terbaru

Top